Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Karaoke Keluarga

karaoke-keluarga1Tumbuhnya bisnis karaoke keluarga di berbagai kota besar menunjukkan bahwa jenis bisnis ini makin banyak diminati. Sebagai sebuah bentuk bisnis hiburan, karaoke keluarga menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai tempat melepas lelah bersama keluarga, dengan cara bernyanyi bersama dengan bebas dan gembira.

Untuk mengenal lebih dekat, bisnis karaoke keluarga ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan bisnis karaoke keluarga
Kebutuhan akan hiburan yang murah, meriah dan jaraknya cukup dekat merupakan jawaban bagi penduduk perkotaan. Sehingga karaoke keluarga menjadi salah satu  pilihan untuk melepaskan stress dan kepenatan setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itulah, prospek bisnis karaoke ini semakin besar, diiringi pula dengan ketertarikan customer di setiap kota yang semakin tinggi. Peluang pasar bisnis ini juga semakin hari kian meningkat, serta memberikan keuntungan dan kemudahan dalam memasarkan bisnis ini.

Kekurangan bisnis karaoke keluarga
Walaupun prospeknya sangat besar, bisnis karaoke ini juga mempunyai hambatan. Di antaranya yaitu jenis bisnis ini memerlukan modal yang cukup besar. Selain itu, BEP-nya juga relatif cukup lama, bergantung pada strategi bisnis yang dijalankan. Perlu perhitungan modal yang cermat, agar diperoleh keuntungan maksimal. Hambatan lainnya adalah adanya stigma yang terkadang kurang baik, karena bisnis karaoke identik dengan bisnis hiburan yang rawan dimanfaatkan sebagai ajang kegiatan lain, seperti misalnya prostitusi, konsumsi minuman keras, peredaran narkoba dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, maka ada strategi tertentu yang bisa dilakukan agar bisnis karaoke keluarga dapat berjalan dengan sukses. Kunci sukses bisnis karaoke keluarga adalah tempat yang nyaman (dari segi desain interior), ketersediaan makanan dan minuman, jumlah room atau bilik yang ada, berikut kualitas peralatan serta pelayanan yang diberikan. Demikian pula banyaknya variasi lagu yang ditawarkan, menjadi daya tarik bagi customer untuk mendatangi karaoke keluarga tersebut.

Apalagi saat ini dimudahkan dengan banyaknya peluang franchise karaoke keluarga, dimana tidak perlu lagi membuat brand baru untuk membuat karaoke. Cukup dengan membawa nama karaoke yang sudah terkenal, maka setidaknya sudah berkontribusi besar bagi pemasaran bisnis karaoke yang dikembangkan. Dengan demikian, sukses berbisnis karaoke keluarga bukanlah menjadi hal yang sulit.

Tinggalkan komentar